BlackBerry Z30

Spesifikasi :
Sistem Operasi: BlackBerry OS 10.2
CPU: Dual-core 1.7 GHz Krait
GPU: Adreno 320
Memori / Storage: 2 GB / 16 GB
Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth v4.0, NFC
Display: 5.0 inci (720 x 1280)
Kamera: 8 MP
Interface: microUSB, Micro SD, Audio-out 3.5 mm
Special Feature: Super AMOLED, BlackBerry Hub, BBM
Bobot: 170 gram


BlackBerry Z30
BlackBerry baru saja menghadirkan model terbaru Z30 di pasar Indonesia. Sebagai perangkat unggulan anyar, Z30 mengandung setumpuk peningkatan dari seri sebelumnya, baik secara hardware maupun software. Selain bodinya yang lebih bongsor, vendor asal Kanada tersebut juga menyematkan kapasitas baterai lebih besar pada BlackBerry Z30. Beberapa fitur Z30 adalah peningkatan mengambil gambar dan merekam video, menjelaskan bagaimana BlackBerry sangat fokus kepada kepuasan konsumen.

Desain
Rancang desain Z30 lebih kokoh daripada Z10, tapi tidak cukup mengundang sensasi seperti iPhone 5s berlapis emas atau iPhone 5c berwarna hijau. Permukaan Z30 berlapis warna hitam dengan lis bingkai berwarna perak gelap.

Dilihat sepintas, penampakan luar Z30 tidak jauh berbeda dengan smartphone berlayar luas lain. Panjang Z30 mencapai 140,7mm dengan lebar 72mm dan ketebalannya tidak mencapai 10mm. Dengan bobot 170 gram, Z30 terasa solid digenggam tangan.

Serupa dengan pendahulunya Z10, BlackBerry anyar ini memiliki tata letak lubang dan slot yang sama. Pada sayap kanan terpampang tombol volume dan tombol voice command/mute. Tombol power sekaligus lock screen berada di pusat bagian kepala bodi bersama jack headset 3,5mm. Sayap kiri berhias lubang micro HDMI untuk terhubung ke HDTV dan monitor, serta lubang micro USB untuk mengisi ulang baterai dan transfer data. Lampu LED untuk notifikasi terpajang di bagian atas di bawah panel kaca depan.

Diagonal layar Z30 cukup ideal untuk sebuah smartphone. Z30 menggunakan display Super Amoled dengan resolusi 1280 x 720 pixel dengan densitas 295ppi. Dengan resolusi sama tapi ukuran lebih lebar, tentu kerapatan pixel Z30 lebih kecil dibandingkan Z10, tapi Anda tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan secara kasat mata. BlackBerry mengatakan menggunakan material berbeda untuk display Z30 yang membantunya menampilkan image lebih jernih dan lebih terang. Serta, densitas dan kontras warna BlackBerry yang ditingkatkan menjadikan layar lebih tajam daripada Z10. Meski demikian, BlackBerry mengatakan layar Z30 mengkonsumsi 20% lebih hemat dari Z10.

Empat buah lubang mikrofon tersebar di sepanjang sisi, dua di antaranya berada persis di sebelah volume rocker, satu berada di bawah body, dan yang keempat di bagian kepala. Terdapat dua buah corong speaker di bagian bawah dan satu di bagian atas. Kombinasi empat mic dan tiga speaker terasa sangat baik dalam proses merekam suara dan mendengarkan file audio. BlackBerry memadukan semua itu dengan software special guna menghasilkan pengalaman “suara alami” ke komunikasi audio atau video conference.

Catatan
Baterai Z30 tidak bisa dilepas seperti pada Z10. Sebagai gantinya, Z30 menawarkan pilihan teknologi Qi untuk pengisian baterai nirkabel.

Fitur
Terdapat beberapa perbaikan pada versi terbaru BlackBerry OS. Tambahan yang memuaskan termasuk notifikasi email dan update lain muncul di halaman depan (meski terkunci). Ketika ada pemberitahuan baru, akan muncul lambang bel mungil di lock screen dan ketika di-tap akan membuka daftar informasi dengan pembatas waktu antar entry.

Fitur kilat lain yang ditambahkan pada lock screen adalah ikon kamera yang menyegerakan pengguna meluncurkan aplikasi dari handphone yang terkunci. Dalam keadaan kamera standby, tombol shutter-nya adalah seluruh area layar.

Masih di halaman lock screen, Anda bisa menyapu ke bawah dari luar area layar bagian atas untuk mengatifkan sleep mode, dengan jam analog tampil di layar bisa digunakan sebagai alarm, dan Anda bisa mengatut alarm dari lock screen.

Fitur pembeda dari versi sebelumnya adalah BlackBerry Hub, yang berperan sebagai inbox universal untuk email, SMS, pesan BBM, dan update social media lain dari aplikasi pihak ketiga. Usap layar ke kanan untuk mengungkap Hub, dan sebaliknya untuk kembali ke halaman Anda berada sebelumnya.

Tambahan baru, Priority Hub, memungkinkan pengguna mendapat notifikasi dan email berdasarkan software yang menganalisa percakapan Anda sebelumnya guna memilah siapa orang yang lebih penting bagi Anda. Jadi jika Anda menerima lebih dari 100 email dalam satu jam, Priority Hub akan menyaringnya untu ditempatkan dalam tab berbeda, atau Anda bisa mengaturnya di stream pesan BlackBerry Hub menggunakan ikon prioritas.

BlackBerry terus berupaya menambah koleksi konten yang tersaji pada App World. Hingga saat ini terdapat 130.000 aplikasi yang bisa diunduh pengguna BlackBerry 10 OS.

BlackBerry Z30 dilengkapi dua kamera yang sangat kompetitif dengan smartphone yang beredar di pasar sekarang. Lensa utama di belakang berkualitas 8Mpix dan kamera depan 2Mpix. Kamera utama dilengkapi digital zoom 5x dan autofocus dengan rekam video HD 1080p. Keduanya sangat bermanfaat untuk fotografer casual.

Catatan
Notifikasi akan muncul dengan preview di display paling atas, di halaman apa pun Anda berada. Anda bisa men-tap untuk reply, atau tap “X” untuk mengusirnya.

Kinerja
Layar lebar Z30 memudahkan pengguna melihat multi aplikasi dan services, seperti pusat gabungan pesan yang bernama BlackBerry Hub. Respon layar Z30 sangat baik dan konsisten setelah penggunaan berlama-lama selama du hari berturut-turut. Tentu ini akibat beberapa factor termasuk prosesor Snapdragon S4 Pro berkecepatan 1,7GHz besutan Qualcomm, juga karena GPU quad core Adreno 320. Chipset yang digunakan bukan quad core, melainkan dualcore. BlackBerry mengatakan pemilihan itu untuk mengoptimalkan ketahanan baterai dengan tidak menurunkan kinerja prosesor.

Segala fitur yang terdapat di BlackBerry 10.0 juga hadir di 10.2, terutama software Balance yang menjalankan BlackBerry Enterprise Service 10. Dengan Balance, data perusahaan akan terjaga di perimeter Z30 yang dikendalikan oleh staff IT. sementara data pribadi, aplikasi, foto, dan konten lain tetap berada di perimeter personal (di luar kendali IT). aplikasi kalender dan Hub pada Z30 bermuatan informasi kantor dan pribadi, dan pengguna bisa meluncurkan kedua sisi itu di Z30 atau multi task berganti antar keduanya.

BlackBerry 10.2 tetap menyajikan pencarian universal menyusuri pesan, kontak, aplikasi, dan internet pada peramban BlackBerry, yang bisa menggunakan Bing, Google, atau Yahoo sebagai mesin pencari.

Anda harus melepaskan pelindung belakang untuk menemukan slot kartu micro SIM dan micro SD. Z30 dilengkapi baterai powerful yang tidak bisa dilepas, berkapasitas 2880mAh yang diklaim bisa menghidupi penggunaan selama 25 jam dalam intensitas normal.


Sumber:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BlackBerry Z30"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM