Tips Membeli BlackBerry Bekas

Rupanya banyak juga yang tertarik dengan BlackBerry bekas pakai. Karena tidak semua BlackBerry bekas pakai itu jelek kondisinya. Yang jelas, dengan harga yang jauh di bawah harga baru, menjadi daya tarik untuk memiliki BlackBerry, walau bekas pakai.

Smartphone BlackBerry itu mempunyai identitas, selain IMEI juga PIN. PIN itu gunanya untuk berkomunikasi, seperti BlackBerry Messenger (BBM) dan PIN message. Hal ini perlu diperhatikan, karena banyak yang menjual BlackBerry bekas, tetapi tidak jelas asal muasalnya.

Yang perlu diperhatikan, apakah BlackBerry tersebut menggunakan PIN cloning, atau PIN tersebut bukan bawaan asli dari RIM. Kerugiannya, PIN cloning dapat menyebabkan BlackBerry itu disuspend oleh RIM, sehingga tidak bisa diaktifkan untuk layanan BIS-nya.

Cara untuk mengetahui BlackBerry itu tidak bermasalah:

  1. Lihatlah, apakah BlackBerry itu mempunyai identitas IMEI dan PIN yang tertera di dus sama dengan yang di dalam tempat memasang baterai dan juga di status, ketika BlackBerry tersebut dinyalakan. Jadi usahakan membeli BlackBerry bekas lengkap dengan semua kelengkapannya.
  2. Perhatikan juga apakah BlackBerry tersebut tidak pernah terjatuh. Ini bisa dilihat dari fisiknya, apakah ada beret, lecet, penyok dan sebagainya.
  3. Apakah BlackBerry tersebut pernah tersiram air? Ini bisa dilihat di stiker indicator air, yang biasanya terletak pada sisi dalam tempat memasang baterai. Apabila berwarna putih berarti belum terkena air. Apabila berwarna merah, positif pernah terkena air. Tetapi ini tidak menjadi jaminan. Bisa jadi memang sudah pernah diganti housingnya, sehingga tidak tampak pernah terkena air.
  4. Cek dengan menggunakan kartu GSM dengan kondisi BIS Aktif. Disini akan terlihat apakah BlackBerry anda suspend atau tidak. Apabila terkoneksi “GPRS” maka seharusnya BlackBerry Anda aman dari suspend. Tapi apabila “gprs”, maka patut dipertanyakan apakah ini suspend atau tidak. Pastikan ketika melakukan pengetesan jaringan sedang dalam kondisi normal.
  5. Pastikan BlackBerry bekas itu bukan BlackBerry dari hasil curian. Karena apabila bekas curian, ditakutkan akan di Bom PIN message dari teman-teman pemilik sebelumnya yang kecurian. Maksud dari Bom PIN adalah pengiriman PIN message secara berulang-ulang hingga ribuan kali, sehingga membuat BlackBerry anda menjadi berat. Dan isinya pun penuh dengan pesan, bahwa BlackBerry ini curian.

Sedikit panduan di atas mudah-mudahan bisa menjadi acuan sebelum membeli BlackBerry bekas pakai. Meskipun tidak menjamin 100% akurat, tetapi apabila memang mau membeli BlackBerry bekas, usahakan BlackBerry tersebut jelas pemilik sebelumnya. Ajaklah teman yang mengerti mengenai BlackBerry. Karena jaman sekarang banyak sekali yang mengambil kesempatan untuk melakukan penipuan dalam menjual BlackBerry bekas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli BlackBerry Bekas"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM