Saturday, August 13, 2011

Samsung Galaxy Tab

Dari segi ukuran, layar tablet Android ini memang lebih mungil dibandingkan iPad, hanya sekitar 7 inci. Di dalam layar TFT kapasitif tersebut, Samsung menawarkan resolusi gambar 1024x600 piksel yang ditenagai prosesor Cortex-A8 berkekuatan 1GHz.

Di segi memori pun cukup mumpuni. Ada dua pilihan, dengan memori (storage) internal 16GB atau 32 GB dengan 512 MB RAM. Kapasitas tersebut masih bisa ditambah 32GB lagi dengan kartu microSD untuk membantu performa tablet lebih baik lagi.

Kabar yang cukup menggembirakan adalah tablet PC ini telah menyematkan sistem operasi Android terbaru, yakni versi 2.2 (Froyo). Samsung juga menyiapkan paket aplikasi secara matang di dalamnya.

Selain itu, untuk konektivitas data, produk dilengkapi GSM/GPRS/EDGE hingga 3G HSDPA 7,2Mbps; HSUPA 5,76Mbps. Wi-Fi? Tak mau kalah dengan iPad. Samsung juga melengkapi tabletnya dengan WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, plus Bluetooth 3.0 dan USB 2.0

Menilik fiturnya, Samsung Galaxy Tab juga tidak kalah mewah dari pesaingnya. Selain terintegrasi dengan sejumlah jejaring sosial (Facebook, Twitter, MySpace, Plurk, dan lain-lain), tablet Android ini juga dilengkapi dengan pemutar video Full HD, TV-out, pemutar video (MP4/DivX/WMV/H.264/H.263), dan pemutar audio (MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC).

Produk juga mempunyai aplikasi untuk mengedit video dan gambar, aplikasi perkantoran (Thinkfree Office), integrasi dengan layanan Google (Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Talk, Calendar, Picasa), lengkap dengan dukungan Adobe Flash 10.1 dan Android Market.

Samsung P1000 Galaxy Tab ditawarkan dengan dua pilihan warna, hitam dan abu-abu. Bobotnya jauh lebih ringan dibanding iPad karena dibungkus material plastik yang solid, hanya 380 gram, dengan dimensi lebih kecil 19 x 12 x 1,2 cm.

Samsung Galaxy Tab akan diluncurkan pertama kali di Eropa pada pertengahan September. Italia menjadi negara yang beruntung sebagai saksi pertama kemunculan tablet Android pertama milik Samsung itu. Tak lama, Samsung akan memperluas pasarnya ke Amerika Serikat, Asia, dan Korea pada bulan-bulan berikutnya.


Harga Samsung P1000 dibanderol dengan US$679, setara Rp. 6,1 juta, masih jauh lebih murah ketimbang Apple iPad 3G yang dipatok seharga US$829, atau setara Rp7,4 juta.

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

EmoticonEmoticon