Malware baru yang mampu menginfeksi Android 2.3 Gingerbread

Sebuah malware baru yang berbahaya ditemukan pada smartphone android dan bergerak dengan leluasa, bahkan pada sistem operasi android versi paling terbaru sekalipun tidak bisa dikatakan aman.

Malware baru ini disebut “GingerMaster”, menurut laporan dari Kaspersky lab via laptopmag, malware ini ditemukan telah mencuri data pada smartphone android yang telah terinfeksi dan mengirimkan informasi yang dicuri tersebut seperti ID perangkat, nomor telepon ke remote server.

Malware GingerMaster sangat menakutkan karena mampu mengeksploitasi Android 2.3 atau versi Gingerbread. Gingermaster akan mempunyai akses root yang memungkinkan untuk membangun jalur komunikasi langsung antara perangkat yang terinfeksi dengan server remote.

Xuxian Jiang, Seorang profesor ilmu komputer dari North Carolina State University yang menemukan GingerMaster ini mengatakan “Karena pada kenyataannya GingerMaster mampu mengeksploitasi root terkini, kami menganggap itu pose salah satu ancaman paling serius bagi pengguna ponsel,”

Gingermaster menginfeksi pengguna seperti yang dilakukan virus smartphone kebanyakan, dengan bersembunyi di aplikasi yang sah dan secara otomatis mendownload di latar belakang, tanpa disadari. Namun peneliti Kaspersky lab mengatakan tidak ada indikasi bahwa setiap aplikasi di pasar Android resmi terdapat malware yang tersembunyi.

Malware Gingermaster sendiri sebenarnya merupakan varian dari DroidKungfu, yaitu sepotong malware yang ditemukan pada bulan Mei. Versi aslinya ditemukan bersembunyi pada aplikasi yang tidak sah di pasar aplikasi cina, ia memiliki kemampuan yang sama seperti GingerMaster namun hanya bisa pada android versi sebelumnya.

Namun GingerMaster merupakan malware yang berbeda, malware ini tidak hanya menargetkan pada Android 2.3.3 mungkin juga bisa menginfeksi pada versi android yang lebih tinggi, GingerMaster juga berhasil menghindari deteksi dari semua antivirus seleluar termuka yang telah teruji, untuk mengindari berbagai macam malware, Jiang memberikan beberapa tips di bawah ini :
ketika mendownload aplikasi smartphone, lebih baik cari toko aplikasi terkemuka saja, lalu periksa ulasan dan peringkatnya. Jika suatu aplikasi terlihat bagus, namun feedback dari pengguna mengatakan sebaliknya, lebih baik tinggalkan saja.

selain itu Jiang juga menambahkan, pastikan kamu merasa nyaman dengan data yang akan mereka (aplikasi) akses, jika kamu merasa data yang diakses oleh aplikasi terlalu banyak, lebih baik jangan didownload.

Dan yang terakhir, pastikan kamu selalu mengupdate anvirus pada smartphone kamu. Semoga beberapa tips di atas bisa mengamankan smartphone android kamu dari malware GingerMaster yang cukup menakutkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Malware baru yang mampu menginfeksi Android 2.3 Gingerbread"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM