Gempa AS, BlackBerry Jadi Andalan Komunikasi

Selain menghancurkan infrastruktur kota, gempa bumi berkekuatan 5,6 SR yang melanda wilayah Virgina Amerika Serikat (AS), Selasa, 23 Agustus 2011, juga menyebabkan terganggunya layanan telekomunikasi.

Hal ini dialami para pengguna layanan operator AT&T, Verizon, Sprint maupun T-Mobile. Beruntung, di saat genting di mana kelancaran akses informasi sangat dibutuhkan, ada satu ponsel yang bisa bekerja normal yakni BlackBerry.

Seperti dilaporkan Bloomberg dan dikutip detikINET, Rabu (24/8/2011), hal ini dikarenakan warga sangat terbantu oleh layanan BlackBerry Messenger (BBM) pada ponsel besutan Research In Motion (RIM) tersebut. BBM seperti diketahui bisa beroperasi pada koneksi data ponsel atau WiFi lokal dan menggunakan protokol wireless yang unik.

Ini bukan pertama kali layanan BBM menjadi penolong pada kondisi kritis semacam ini. Saat gempa bumi yang mengguncang Chile tahun silam dan sesaat setelah terjadinya tragedi terorisme 11 September 2001 di New York, AS, BBM menjadi layanan komunikasi yang masih bisa digunakan saat itu.

Meski punya 'prestasi' baik, BBM juga agak tercoreng saat kejadian rusuh di London, Inggris awal Agustus 2011. Ketika itu, BBM dianggap sebagai alat utama bagi para perusuh agar bisa saling berkomunikasi dan berkoordinasi.

Agaknya, kisah-kisah seperti saat gempa AS ini bisa sedikit menolong RIM mengembalikan reputasi smartphone-nya yang kini tengah kalah pamor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gempa AS, BlackBerry Jadi Andalan Komunikasi"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM