Benarkah Facebook Umbar Nomor Telepon Pengguna?

Belakangan, muncul broadcast message yang menuding Facebook telah mempublikasikan daftar kontak pengguna, sehingga hal itu dianggap sebagai sesuatu yang gawat. Benakah itu? Atau ini tak lebih dari ketidaktahuan pengguna?

Dalam pesan itu disebutkan jika untuk mengetahui daftar kontak yang katanya diumbar oleh Facebook itu pengguna tinggal mengakses 'edit friends' di bagian 'account', lalu masuk ke bagian 'contact' yang bertempat di bagian kiri atas halaman.

Jika sudah dipilih, sejurus kemudian, pengguna akan menemukan sederet daftar kontak teman-temannya. Namun jika diperhatikan, dalam kontak tersebut juga ada yang berasal dari kontak yang dimiliki pengguna melalui perangkat genggamnya alias hasil impor.

Nah, daftar kontak inilah yang dipermasalahkan broadcast message yang menyebar tersebut. Namun sejatinya, dari mana datangnya kontak-kontak ini? Sebaiknya Anda perlu mengetahuinya, sehingga tidak salah kaprah.

Pertama, daftar kontak yang terpampang itu datang dari daftar teman-teman Facebook Anda (friends) yang dalam profilnya turut memasukkan nomor teleponnya.

Jadi secara otomatis, jika teman Anda menyertakan nomor ponselnya maka akan ada dalam daftar kontak tersebut. Sebaliknya, jika ia tidak memasukkan nomor telepon maka tak ada pula nomor kontak yang di-share.

Pilihan untuk menyertakan nomor kontak ini diserahkan sepenuhnya kepada pengguna. Jadi silakan pikirkan masing-masing, soal perlu tidaknya nomor kontak tersebut dicantumkan.

Kedua, daftar kontak itu juga muncul lantaran hasil sinkronisasi dengan perangkat genggam pengguna. Sehingga memungkinkan nomor yang ada di ponsel untuk masuk di akun Facebook.

Hal ini pun lagi-lagi dikembalikan lagi kepada pengguna. Sebab di dalam bagian setting aplikasi Facebook di ponsel juga terdapat pilihan, apakah mau disinkronisasi atau tidak? Selain itu, untuk bisa mengakses daftar kontak tersebut juga tidak sembarang orang, melainkan hanya si pemilik akun.

Fitur daftar kontak ini sebenarnya sudah cukup lama hadir, dan sudah cukup banyak pengguna yang mengetahuinya. Hanya saja, tak sedikit pula yang tidak sadar akan keberadaan fitur tersebut. Sehingga ketika kabar soal 'bahayanya' fitur ini, si pengguna menjadi kisruh dan turut menyebarkan pesan berantai itu pula.

Memang bukan berarti fitur ini tak memiliki dampak negatif. Ancaman yang paling mungkin terjadi adalah ketika akun Facebook pengguna dibajak oleh orang lain. Sebab dengan demikian, si pembajak juga dapat mengakses daftar kontak tersebut. Alhasil, kembali lagi dibutuhkan kesadaran pengguna untuk menjaga keamanan akun Facebooknya.

Facebook pun sudah menegaskan jika pihaknya tidak serta-merta menyebarkan informasi kontak yang sensitif itu di situs jejaring sosial miliknya.

"Rumor yang menyebutkan bahwa daftar kontak telepon dapat dilihat semua orang di Facebook itu salah. Fitur kontak telepon di Facebook, yang sebelumnya disebut Phonebook, telah hadir sejak lama," sebut pernyataan resmi Facebook.

"Nomor telepon yang tertera itu dimasukkan sendiri oleh teman Anda dan cuma bisa dilihat oleh Anda sendiri, atau Anda juga bisa mensinkronisasikan kontak tersebut dari ponsel ke Facebook. Sama seperti ponsel, hanya Anda yang bisa melihatnya," pungkas Facebook.

---

Berikut isi broadcast message yang dimaksud :

PENTING!!! :
Semua no telepon di daftar kontak anda di BB atau HP anda sekarang DIPUBLIKASIKAN di FACEBOOK !!!

Buka FaceBook anda lalu klik bagian kanan atas ACCOUNT lalu klik EDIT FRIENDS lalu kemudian lihat bagian kiri atas lalu klik CONTACTS. Di bagian CONTACTS ini anda akan menemukan semua no telepon teman anda baik yang ada di FaceBook maupun yang ada tersimpan di no telepon di HP/ BB anda dipublikasikan oleh FaceBook tanpa ijin.

Untuk menghilangkannya / Remove, lihat kolom bagian kanan lalu klik 'this page'. Atau bisa juga di klik : Remove All Imported Contacts.

Silakan broadcast pesan ini agar anda dan teman-teman bisa menghindari penyalahgunaan daftar no telepon anda. Cek dengan menggunakan komputer atau laptop anda sekarang. COBA PERIKSA

Gawat...:0


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Facebook Umbar Nomor Telepon Pengguna?"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM