Android, OS Mobile Paling Diincar Program Jahat

Android kini 'resmi' menjadi target terpopuler serangan malware. Ia menggeser posisi Java Micro Edition sebagai platform mobile yang sering diserang, demikian menurut laporan dari McAfee pada kuarter terakhirnya.

McAfee Labs meneliti sample sebanyak 1.200 mobile malware yang ia kumpulkan selama kuarter kedua tahun 2011. Hasil yang didapat ialah bahwa 60% di antaranya menargetkan sistem operasi besutan Google tersebut.

Program jahat ini diketahui menyamar menjadi aplikasi-aplkasi seperti menawarkan update palsu game Angry Bird guna memperoleh akses ke ponsel si korban. Bukti bahwa banyaknya serangan yang menarget Android ialah jumlah malware Android yang telah mengalami lonjakan hingga 76% dari kuarter pertama di tahun yang sama.

"Kenaikan ancaman pada platform populer ini sebaiknya membuat kita mengevaluasi perlakuan kita pada piranti mobile dan industri keamanan harus berjuang untuk menghadang perkembangan malware," tulis peneliti McAfee dalam laporannya yang dikutip detikINET dari eWeek, Rabu (24/8/2011).

Tak hanya Android saja yang rentan akan serangan, produk-produk keluaran Apple juga tak luput dari malware.

Laporan lain dari McAfee menyebutkan bahwa mereka menemukan kenaikan jumlah software abal-abal untuk sistem operasi Mac. Ini mensugestikan, malware pun bisa juga muncul di produk yang sebelumnya dikenal kebal serangan yakni iPhone dan iPad.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Android, OS Mobile Paling Diincar Program Jahat"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM