Saturday, July 2, 2011

Window OS

Sistem Operasi Windows 3.1 di Smartphone Symbian

Dewasa ini tingkat penggunaan ponsel semakin meningkat dari tahun ke tahun, tercatat hampir setiap anggota keluarga di dalam sebuah kepala keluarga telah memiliki sebuah perangkat seluler untuk berkomunikasi, yaitu ponsel. Kini kegunaan serta fungsi dari sebuah handset atau ponsel memiliki kelebihan lain, tak sedikit pengguna yang menggunakan ponsel sebagai push email, browsing internet, games, dokumen office dan lain sebagainya. Namun bagaimana jadinya bila melakukan instalasi sistem operasi lain pada sebuah handset yang memiliki sistem operasi Symbian, dapatkah hal tersebut dilakukan? Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

Lakukan download terlebih dahulu file Windows 3.1 beserta file Windows Dos Box di situs-situs internet penyedia aplikasi gratisan yang telah disediakan pada artikel atau ulasan tips ini. Seperti biasanya, lakukan pengekstrakan terlebih dahulu bila Anda mendownloadnya melalui PC atau di handset Anda. Untuk tutorial pengekstrakan file di handset Symbian S60v3 secara langsung , Anda dapat simak kembali tabloid NP pada edisi 133 hal 38. Bila file telah terekstrak, lakukan pengiriman file tersebut dari PC ke handset dengan menggunakan konektivitas Bluetooth, Infra Red atau kabel data mini USB di handset Anda. Pada langkah ulasan tips kali ini, untuk pengguna Nokia N95 atau handset Symbian S60v3 lainnya yang memiliki port mini USB, lebih baik gunakan kabel data mini USB lalu tempatkan file-file tersebut pada memori eksternal di folder Others.

Ketika file telah terkirim dan masuk di handset Anda, lakukan penginstalan file *Sis tersebut pada memori internal di handset yang Anda miliki, sesuai dengan urutan instalasi file aplikasi pada gambar. Bila file aplikasi tersebut telah terinstal di handset Anda, jangan lakukan restart atau reboot terlebih dahulu sebelum langkah instalasi pada tutorial ini benar-benar tuntas. Ketika tujuh file telah terinstal sebelumnya, untuk langkah instalasi terakhir adalah melakukan instalasi file DOSBox_Full.sisx. Seperti instalasi file sebelumnya, lakukan instalasi file DOSBox_Full.sisx di direktori memori internal agar system pada handset tersebut dapat lebih cepat membaca file tersebut bila akan sedang dijalankan.

Buka dan jalankan file aplikasi DOSBox_Full.sisx yang telah terinstal di handset Anda. Bila ketika Anda menjalankan file aplikasi tersebut namun menemui notifikasi tampilan ”Memory full. Close some applications and try again!”, maka sesegera mungkin menghapus file aplikasi tersebut. Setelah file DOSBox_Full.sisx telah terhapus, lakukan instalasi file DOSBox_Slim.sisx sebagai penggantinya. Seperti melakukan instalasi file sebelumnya, lakukan instalasi file tersebut di memori internal di handset Anda.

Bila telah melakukan semua instalasi file terakhir, pada file Win3.1.v1.0 terdapat tiga buah file utama, diantaranya adalah file data Calmira, DOS dan Windows. Tempatkan ketiga file tersebut di memori eksternal atau kartu memori di dalam folder data. Ketika telah menempatkan ketiga file tersebut pada kartu memori eksternal di dalam folder data, buka dan jalankan file aplikasi DOSBox tadi yang telah terinstal di dalam handset Anda. Tunggu beberapa detik Anda akan menemui sebuah system operasi Windows versi 3.1 telah terinstal di handset Anda. Jika dirasa agak sedikit berat jika ingin menjalankan system operasi tersebut di handset Anda, Anda dapat melakukan edit dosbox.conf di dalam folder data tersebut dengan menggunakan notepad, dengan data perintah:

# Loader 1 — Windows 3.1
# mount a e:\Data\win31\ (To install more drivers)*
mount c e:\Data\
mount d e:\
c:
c:\Windows\win.com# Loader 2 — Norton Commander 5.0
# mount c e:\Data\
# mount d e:\
# c
# c:\nc\nc.exe

Dan apabila ingin menjalankan Norton Commander 5, Anda dapat menjalankannya dengan data perintah:

# Loader 1 — Windows 3.1
# mount a e:\Data\win31\ (To install more drivers)
# mount c e:\Data\
# mount d e:\
# c:
# c:\Windows\win.com# Loader 2 — Norton Commander 5.0
mount c e:\Data\
mount d e:\
c:
c:\nc\nc.exe

Nama Aplikasi: Windows DosBox.v3.1.S60v3FP1
Kapasitas File: 12,547 KB
Kompatibilitas: Smartphone Symbian S60v3 FP1-FP2-FP3
Download Link: (Update) Dosbox Windows 3.1

Sumber :

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

EmoticonEmoticon