Factory Reset Pada Android

Setiap ponsel, tidak terkecuali ponsel berbasis Android selalu menyertakan Factory reset yang siap digunakan. Untuk menggunakannya, biasanya produsen ponsel/gadget menyediakan tombol “rahasia” berupa kombinasi tombol yang harus ditekan secara bersamaan.

Factory Reset Pada Android 

Factory reset adalah metode yang diberikan oleh perusahaan pembuat pembuat gadget/ponsel/handphone untuk memudahkan pemiliknya mengembalikan operating system (Dan atau software dari gadget) ke kondisi awal seperti pada saat pembelian pertama kali. Factory reset akan menghapus semua data yang pernah dimasukkandan hanya menyisakan OS/Software default pada gadget. Metode ini sering digunakan ketika seseorang ingin menjual kembali gadget/handphone ke orang lain agar terlihat lebih original.

Jika pada suatu hari Gadget Android anda bermasalah, anda bisa mencoba mencobanya sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pastikan Gadget Android anda dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol untuk memperbesar volume (+) dan jangan lepaskan kemudian tekan tombol power On/Off kurang lebih 5 detik.
  • Setelah itu, Gadget Android akan nyala pada mode Factory Reset. Pada layar anda akan melihat tulisan “OS will cold boot in 60 seconds if no input detected. Press volume keys to navigate and power key to select“. Dibawahnya terdapat 5 nomor yang bisa dipilih.

Factory Reset Pada Android

0) Boot up, berfungsi seperti biasa, untuk menghidupkan Gadget  pada mode normal.

1) Factory reset (User data only), untuk menghapus dan mengembalikan system ke posisi awal tanpa menghapus data yang sudah pernah masukkan ke dalam memory internal.

2) Software upgrade via update.pkg on SD card, berfungsi untuk mengupdate system Android melalui file yang sudah disiapkan pada memory eksternal. (Di lain waktu, kami akan mencoba memberikan tutorial lengkap bagaimana mengupdate menggunakan SD card)

3) Factory reset (User data and Internal tablet storage), sama seperti nomor dua, bedanya jika memilih metode ini maka keseluruhan data yang sudah anda masukkan ke dalam memory internal akan ikut terhapus.

4) Power Off untuk mematikan kembali Gadget

Jika sudah yakin untuk melakukan Factory reset, silahkan pilih metode mana yang ingin anda gunakan. Kami sarankan, cobalah menggunakan poin ke satu terlebih dahulu. Jika Gadget masih error, cobalah menggunakan metode ke tiga. Proses format ulang ini akan memakan waktu beberapa saat dan setelah itu Android akan restart dan booting normal seperti saat pertama kali menggunakan Android.

Kesimpulan

Jika Gadget anda mengalami masalah, gunakan Factory reset sebagai salah satu cara mengembalikannya ke kondisi normal. Yang perlu diperhatikan, gunakan cara ini sebagai pilihan terakhir jika tidak ada lagi cara lain untuk memperbaiki Gadget.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Factory Reset Pada Android"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM