Tips Browsing dengan Blackberry tanpa berlangganan

Saat ini layanan BIS (Blackberry Internet Services) sudah sangat terjangkau, beberapa operator seluler di Indonesia telah mengeluarkan layanan BIS dengan menawarkan paket prabayar. Namun dengan berbagai alasan ada saja pengguna yang tidak ingin mengaktifkan layanan BIS pada perangkat Blackberrynya dan lebih menggunakan Blackberry layaknya ponsel biasa tanpa layanan BIS.

Kontan keadaan ini memang memicu diskusi yang dinamis dikalangan pengguna fanatik Blackberry, karena menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS sama saja dengan menggunakan ponsel biasa. Karena aplikasi push mail, salah satu fitur yang menjadi andalan perangkat Blackberry jadi tidak berfungsi.

Namun baru-baru ini kami menemukan trik tentang bagaimana menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS, namun memiliki fungsi push e-mail, chatting dan browsing layaknya Blackberry dengan BIS.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada Blackberry tanpa berlangganan BIS.
Browser :

Ada beberapa operator tidak megizinkan penggunaan browser aseli bawaan Blackberry, padahal dengan menggunakan browser ini, Blackberry kita dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh perangkat Blackberry kita, bisa dibilang aplikasi ini merupakan gerbang awal untuk dapat menggunakan Blackberry karena beberapa aplikasi harus diinstal secara OTA (over the air) melalui browser ini.

Untuk dapat menggunakan aplikasi browser ini, kita harus memunculkan fungsi “browser” yang ada dalam aplikasi browser native Blackberry, untuk melakukan ini kita harus menyuntikan file .ipd yang dapat memunculkan fungsi “browser”. File .ipd itu bisa diunduh dan meng-ekstrak file Browser_via_TCP_all_network_beta_V1.1.rar dari situs ini.

Jika masih bingung bagaimana car menyuntikkan file .ipd ke perangkat Blackberry kita, silahkan baca manualnya disitus http://bb.anworm.com/Home/english.

Setelah kitamengaktifkan fungsi browser ini, maka kita akan dapat megakses dan menginstal aplikasi BB via OTA link.

Selain browser native bawaan Blackberry, kita juga bisa menginstal aplikasi browser lain seperti Opera Mini dan Bolt Browser.

Caranya :
Step #1 – Enable Legacy SB Restore
Buka Options > Advanced Options > Service Book
tekan ALT (tahan), tekan S (lalu) B (lalu) E (lalu) B

sampai muncul seperti di gambar :
Step #2 – Donlot service book khusus gprs

ServiceBook
Step #3 – sambungkan BB ke USB, buka DM, pilih Backup-Restore
Lalu pilih Advance

Pilih File ; Open
Browse ke file servis book yang tadi didownload
Sorot Servis Book di kolom sebelah kiri, kemudian tekan tombol >> untuk inject servis book
Tekan YES, dan tunggu sampai proses selesai. Restart BB seperlunya

Catatan kecil :
-Servis book yg digunakan disini adalah service book modifikasi, tujuannya untuk “mengelabui” BLackberry supaya bisa browsing tanpa BIS
-Tuts ini hanya berguna untuk browsing / donlot, tidak bisa untuk Push email dan layanan standard Blackberry yang mengunakan BIS (YM, FB, BBM dan lain – lain.)
-Setting APN sesuaikan dengan operator masing – masing.

Aplikasi Push E-mail :
Fasilitas ini adalah merupakan salah satu fasilitas andalan Blackberry, dengan adanyafasilitas Push Mail inilah perangkat buatan RIM ini menjadi populer, sehingga beberapaprodusen ponsel banyak yang mengadopsi fitur serupa.

Dengan aplikasi ShangMail, kita dapat menggunakan aplikasi e-mail native bawaan Blackberry untuk dapat menerima e-mail secara push seperti yang biasa kita temukan pada perangkatBlackberry yang mennggunakan layanan BIS.

ShangMail bertindak sebagai “jembatan” yang menghubungkan antara mailbox kita dengan aplikasi native di Blackberry untuk mengirimkan e-mail dengan metode IMAP. Dengan aplikasiini kita dapat menerima e-mail secara push. Untuk menginstal aplikasi ini silahkan arahkanbrowser anda ke http://en.shangmail.com/

Selain aplikasi di atas, kita juga dapat menggunakan aplikasi GMail Apps yang biasa kita kenal dengan sebutan “GMail Amplop Merah” aplikasi ini juga menawarkan fitur push mail, kita dapat memasang sepuluh akun sekaligus dengan menggunakan Gmail Apps ini, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk e-mail yang menggunakan Gmail dan GMail hosting.

Chatting/IM :
Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan chatting di perangkat Blackbbery, yaitu:
YMTiny, aplikasi kecil ini dapat diunduh di situs http://www.orisinil.com
Jivetalk, mendukunga multi IM, dapat diunduh di situs BeeJive namun sayangnya, aplikasi ini tidak gratis.

eBuddy, aplikasi IM gratisan ini mendukung untuk berbagai layanan IM, seperti YM, ICQ, WindowsLive, Facebook, GTalk dan lain-lain. eBuddy dapat diunduh langsung melalui browser Blackberry pada situs http://m.ebuddy.com

Palringo, salah satu aplikasi messenger yang memiliki tampilan informatif dan mendukung ke berbagai layanan multi IM, sayangnya aplikasi ini hanya bisa berjalan pada perangkat Blackberry yang menggunakan scroll ball. Bisa langsung diunduh di sini

RSS Reader :
Aplikasi RSS reader memungkinkan kita untuk dapat menerima update terbaru dari situs favorit kita, dengan aplikasi ini kita akan menghemat waktu browsing dan berita terbaru langsung dikirimkan layaknya kita berlangganan surat kabar selama 24 jam penuh.
Viigo adalah salah satu aplikasi RSS Reader yang dapat kita gunakan dalam Blackberry, aplikasi ini mendukung koneksi GPRS/TCP maupun BIS. Untuk mendownloadnya kita bisa mengaksesnya ke situs http://www.viigo.com/download.

Setelah aplikasi itu berhasil diunduh dan di instal, kita tinggal memilih berita apa saja yang ingin dikirim ke perangkat Blackberry kita dengan cara memilih dari daftar yang telah disediakan atau memasukkan alamat RSSnya secara manual.

Catatan: Sebelum menggunakan aplikasi di atas, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengaktifkan layanan GPRS/3G pada simCard yang Anda gunakan, selanjutnya masukkan access point name (APN), user ID dan password dari operator yang kita gunakan secara manual.

Untuk mengaktifkan APN, kita bisa masuk ke menu Optios – Advanced Options – TCP :
Indosat (IM3)
APN: www.indosat-m3.net, User ID: gprs, password: im3
Mentari

APN : indosatgprs, user ID: indosat, password: indosat (atau kosongkan semua, kecualli APN)
Telkomsel
APN: telkomsel, UserID: wap, Password: wap123 (atau bisa dikosongkan)
Pro XL
APN: www.xlgprs.net, userID: gprs, password: proxl
AXIS
APN : AXIS, User ID: axis, password: 123456
3 (Three)
APN: 3gprs, UserID: 3gprs, Password: 3gprs

Dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Browsing dengan Blackberry tanpa berlangganan"

  1. mantepp>> thanks eahh.. guw uda coba n bisa !!!

    ReplyDelete
  2. Penjelasan nya cukup detail, tapi sayang tutornya pake bahasa inggris, ksian gan yang minim english nya....


    bikin tutor Indo nya gan, biar yang doyan ngutak ngatik Aplikasi HP bs tampil kerenan dikit...


    Mantap Gan, 1000 jempol....

    ReplyDelete
  3. repost ea gan...
    tp nda papa.. demi kebaikan bersama.. hehehehe..
    penghuni kaskus pasti pernah membaca treat ini...

    ReplyDelete
  4. Silalahkan repost tapi jgn lupa sebut sumbernyaya... hehehe

    ReplyDelete

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM