Adu Tarif Internet Ponsel

BIS / BES Vs. GPRS / EDGE / 3G



BlackBerry, meski handsetnya dijual cukup mahal, namun cukup banyak peminatnya. Dari berbagai sumber, pelanggan BlackBerry kini meningkat hingga hampir lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Memang, bagi kalangan eksekutif muda, hadrinya BlackBerry cukup membantu untuk pekerjaan kantoran. Namun bagi pengguna biasa yang hanya sekedar gengsi dan sangat jarang untuk memaksimalkan fitur BlackBerry, bisa jadi merupakan “pemborosan”.

Perlu diketahui, BlackBerry memang memiliki keunggulan dari sisi email. Sedangkan dari fungsionalitas lain, smartphone yang ada saat ini masih cukup bagus. BlackBerry mampu melakukan kompresi email hingga sebesar 1% dari kapasitas email reguler. Misalnya, kita mendapatkan kiriman email plus attachment sebesar 1MB. Di BlackBerry hanya terbaca sekitar 1kb saja. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun sebenarnya sangat murah.

Mari kita simak biaya akses internet masing-masing operator, kemudian kita bandingkan dengan tarif layanan BlackBerry Internet Service (BIS).

Tabel Tarif Akses Internet
Operator Tarif Internet
Telkomsel Rp. 5,-/ kb
IndosatIM3Mentari Rp. 0,1/ kbRp. 1,-/ kb
XL Rp. 0,01/ kb untuk 50kb pertamaRp. 10,-/ kb seterusnya

Tabel layanan BlackBerry Internet Service
Operator Tarif BIS
Telkomsel Rp. 180.000,-/ bulan
Indosat (IM3 dan Mentari) Rp. 50.000,-/ minggguRp. 160.000,-/ bulanRp. 180.000,-/ bulan bonus pulsa
XL Rp. 5.000,-/ hariRp. 199.000,-/ bulan bonus pulsa bicara 100 menit

Nah, dari tabel tarif dasar di atas, bisa kita perhitungkan berapa tarif yang harus dibayar oleh pelanggan, disesuaikan dengan kebutuhan setiap hari. Jika kebutuhan sehari-hari hanya untuk browsing dan chatting, rata-rata satu hari hanya “menghabiskan” 3MB, dan satu bulan menjadi 90MB.

Operator Beban
Telkomsel 90MB = 90.000 kb x Rp. 5,-/ kb = Rp. 450.000,-
IM3 90MB = 90.000 kb x Rp. 0,1/ kb = Rp. 9.000,-
Mentari 90MB = 90.000 kb x Rp. 1,-/ kb = Rp. 90.000,-
XL 90MB = 90.000 kb x Rp. 10,-/ kb = Rp. 900.000,-

Terlihat bahwa penggunaan internet di ponsel untuk XL membutuhkan dana yang sangat besar. Lebih murah atau sama dengan paket berlangganan internet unlimitted selama satu bulan dengan kecepatan 3G. Sedangkan untuk IM3 sangat murah. Hitungan tersebut menjadi wacana tersendiri bagi pelanggan yang kurang memaksimalkan fitur dari BlackBerry tersebut, khususnya untuk push email.

Yang lebih disayangkan, jika sudah mendaftarkan fasilitas BIS, namun tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, maka bisa dikatakan sebagai pemborosan. Tabel hitungan diatas belum termasuk penggunaan email dengan file attachment yang cukup besar, lebih dari 10MB. Bayangkan bagi pelanggan XL, terasa sangat berat.

Tak heran, jika kalangan pebisnis yang sehari-harinya bergulat dengan email sangat terbantu berkat hadirnya BlackBerry. Berapapun besarnya email yang diterima, bahkan lebih dari 10MB, mampu terbaca atau terkirim dengan mudah. Seperti yang disebutkan di atas, teknologi kompresi yang “extreme” membuat ukuran email menjadi sangat kecil dan terbaca seperti layaknya SMS.

Bagaimana dengan pelanggan IM3, dimana biaya akses internet sangat murah dan terjangkau? Memang, tarif BIS cukup mahal, jika hanya untuk chatting dan browsing, lebih baik gunakan saja tarif reguler. Bagi yang hanya coba-coba layanan BIS, gunakan layanan mingguan, dan jika berlangganan, lebih baik pilih layanan bulananan.

XL memang cukup cerdik membaca situasi, dan memberikan alternatif layanan BIS dengan sangat terjangkau. Dengan Rp 5.000,- per hari, nampaknya sangat digemari oleh anak muda. Jika ditotal, maka per bulan biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 150.000,-. Sangat murah bila dibandingkan dengan operator lain. Apalagi bila memilih paket bulanan, sedikit lebih mahal namun sudah diberikan bonus bicara selama 100 menit ke sesama XL.

Telkomsel berada di tengah-tengah, tidak mahal dan tidak murah. Mereka adalah operator pertama di dunia yang melakukan aktivasi BlackBerry via SMS dan BlackBerry prabayar pertama di Asia.

Tabel aktivasi BlackBerry Internet Service
Operator Format SMS Kirim
Telkomsel BBREG 333
IndosatMingguanBulananBulanan Bonus Pulsa BIS1merk handsettipe handsetBIS2merk handsettipe handsetBIS2BONUSmerk handsettipe handset 889
XL BBOn 568

Jika ingin menggunakan layanan BIS, pengguna perlu mempertimbangkan baik-baik. Apakah memang benar-benar memerlukan layanan tersebut serta operator mana yang akan digunakan. Mengingat masing-masing operator mempunyai keunggulan dan kelemahan baik dalam layanan BIS maupun dalam koneksi jaringan.

Bicara soal jaringan, jika sudah terdaftar dalam BIS, maka APN yang digunakan adalah milik BlackBerry sehingga koneksi dirasa lebih cepat daripada menggunakan jalur koneksi internet reguler. Terutama dalam hal penerimaan email serta browsing dan aplikasi bawaan dari BlackBerry terutama BlackBerry Instan Messenger dan BlackBerry Maps. (con@n)

www.newsponsel.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adu Tarif Internet Ponsel"

Post a Comment

• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM