Friday, October 31, 2014

Cara Mengatasi Hardisk Bermasalah

Mengatasi Harddisk Bermasalah
Pada harddisk baru mungkin suaranya tenang dan tidak berisik. Tapi lama kelamaan hardisk kita berbunyi aneh atau dengan kata lain suaranya menjadi agak berisik atau timbul suara yang mendecit atau seperti suara benda yang bergesekan kita patut curiga sebelum hardisk kita rusak dan data-data kita amblas tidak tertolong lagi. Nah sebelum itu terjadi kita harus antisifasi dengan memberikan pertolongan pertama pada hardisk dan dibawah ini adalah cara pertolongannya:


Gunakan aplikasi penguji Hardisk
Ada banyak sekali aplikasi yang bisa di pakai untuk menguji apakah sebuah hardisk masih dalam kondisi bagus atau tidak. Beberapa aplikasi tersebut ada yang freeware, dan ada yang bukan. Aplikasi pertama yang bisa dipakai tanpa harus mendownload apa –apa adalah Error Checking. Aplikasi ini sudah ada disemua versi windows. Dengan men-scan hardisk mengunakan Error Checking dapat membantu mendiagnosis dan membetulkan error di hardisk caranya adalah sebagai berikut :


Klik Windows Explorer dan klik kanan hardisk yang ingin di-scan seperti gambar dibawah ini.

Mengatasi Harddisk Bermasalah
  • Pada tab Tool klik Check Now
  • Akan timbul opsi.Beri centang pada Automatically fix file sistem error untuk membetulkan file syistem yang error dan ini sangat direkomendasikan. Opsi kedua adalah Scan for and attempt recovery of bad sectors. Opsi ini akan melakukan scaning ke seluruh area hardisk. Jika ditemukan ada bad sector, area tersebut akan ditandai dan mencegah OS agar tidak melakukan penulisan data diarea tersebut. Opsi ini memakan waktu yang cukup lama, tergantung kapasitas hardisk .
  • Tunggu hingga semua proses selesai dan restart komputer anda.
Aplikasi kedua adalah Seagate Sea Tools yang bisa didownload DISINI. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu Sea Tools for DOS dan Sea Tools for Windows. Walaupun kedua tool ini gratis ada perbedaan diantara keduanya. Sea Tools for DOS sangat bagus tapi agak susah dalam pemakainya dan hanya mendukung hardisk Seagate dan Maxtor 
  • Sea Tool for Windows lebih mudah digunakan dan mendukung lebih banyak hardisk tapi tidak memiliki fitur sebanyak Sea Tools for DOS.
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihannya :
  1. Keduanya bisa dipakai tergantung dari kebutuhan dan gratis
  2. Sea Tools for Windows akan menguji segala merek hardisk dengan segala macam interface termasuk PATA, SATA USB,Fire Wire dan sebagainya.
  3. Sea Tool for DOS berisi sebuah fitur yang menguji akustik pada hardisk. Tes ini sangat berguna saat melakukan TROUBLESBOOTING pada komponen yang berisik ia akan memutar piringan yang ada didalam hardisk sampai dalam keadaan benar – benar idle dan membuat hardisk benar – benar sunyi.
  4. Sea Tools for DOS bersifat independen terhadap OS. Jadi apapun OS yang dipakai Sea Tools for DOS bisa tetap digunakan. 
Sedangkan kekuranganya :
  1. Untuk mengunakan Sea Tools for DOS. anda harus membakar image Sea Tools for DOS ke CD.
  2. Sea Tool for DOS hanya sangup menangani error hingga 100.
Aplikasi gratis yang ketiga adalah Hitachi Drive Fitness Test (HDFT). Aplikasi ini di optimalkan untuk hardisk produksi Hitachi atau IBM. HFFT bisa di download DISINI Cara mengunakan HDFT ini bisa melalui disket atau CD. Tapi kami yakin pengunaan floppy disk sudah jarang sekali maka kami sarankan anda mengunakan CD. Caranya download dulu file ISO HDFT yang ada di link atas kemudian bakar ISO tersebut ke CD. Tidak seperti Sea Tools yang tersedia dalam versi windows dan DOS, HDFT hanya bisa dipakai dilingkungan DOS, jadi sifatnya indefenden terhadap OS. HDFT tidak mendukung produk MICRODRIVE DIGITAL MEDIA atau hardisk dengan USB dan Firewire tapi mendukung semua produk Hitachi Travelstar kecuali seri 8E. 10E dan C4K. Aplikasi gratis yang terakhir adalah Westrn Digital Data Lifeguard Diagnostic (WDDLD) yang khusus dirancang untuk hardisk produksi Western Digital. Tapi WDDLD juga bisa dipakai untuk mendiagnosis hardisk merek yang lain selama hardisk utama yang dipakai adalah merek Western Digital.


WDDLD tersedia dalam dua versi yaitu DOS dan windows.Tapi tidak seperti Sea Tool dan HDFT yang bisa digunakan secara universal ke semua jajaran produknya masing – masing, WDDLD tersedia untuk masing – masing seri dari Western Digital. Misalnya anda memiliki hardisk WD Raptor X. WDDLD bisa di Download DISINI. Harap diingat pengunaan aplikasi – aplikasi diagnosis macam diatas hanya menandai area hardisk yang dianggap rusak, Dan mencegah sistem agar tidak mengunakan area rusak tersebut aplikasi – aplikasi tesebut tidak bisa mereparasi hardisk yang secara fisik sudah rusak misalakan rusak karena jatuh atau terkena pengaruh magnet yang kuat jika apa yang di lakukan oleh aplikasi diagnosis itu behasil mengatasi masalah yang dialami suatu saat akan muncul kembali atau bahkan tambah parah.


Semoga Bermanfaat


• Komentar sesuai tema dan tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi
• Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, akan dimasukkan ke folder SPAM

EmoticonEmoticon