Feb 16, 2011

Home » , » Cara Setting GPRS Blackberry 8320

Cara Setting GPRS Blackberry 8320

Trik tentang bagaimana menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS, namun memiliki fungsi push e-mail, chatting dan browsing layaknya Blackberry dengan BIS.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada Blackberry tanpa berlangganan BIS:

Browser:
Ada beberapa operator tidak megizinkan penggunaan browser aseli bawaan Blackberry, padahal dengan menggunakan browser ini, Blackberry kita dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh perangkat Blackberry kita, bisa dibilang aplikasi ini merupakan gerbang awal untuk dapat menggunakan Blackberry karena beberapa aplikasi harus diinstal secara OTA (over the air) melalui browser ini.

Untuk dapat menggunakan aplikasi browser ini, kita harus memunculkan fungsi “browser” yang ada dalam aplikasi browser native Blackberry, untuk melakukan ini kita harus menyuntikkan file .ipd yang dapat memunculkan fungsi “browser”. File .ipd itu bisa diunduh dan meng-ekstrak file Browser_via_TCP_all_network_beta_V1.1.rar.

Jika masih bingung bagaimana cara menyuntikkan file .ipd ke perangkat Blackberry kita, silahkan baca manualnya disitus http://bb.anworm.com/Home/english atau download di sini.

Setelah kita mengaktifkan fungsi browser ini, maka kita akan dapat megakses dan menginstal aplikasi BB via OTA link.

Selain browser native bawaan Blackberry, kita juga bisa menginstal aplikasi browser lain seperti Opera Mini dan Bolt Browser.

Apliksai Push E-mail
Fasilitas ini adalah merupakan salah satu fasilitas andalan Blackberry, dengan adanyafasilitas Push Mail inilah perangkat buatan RIM ini menjadi populer, sehingga beberapaprodusen ponsel banyak yang mengadopsi fitur serupa.

Dengan aplikasi ShangMail, kita dapat menggunakan aplikasi e-mail native bawaan Blackberry untuk dapat menerima e-mail secara push seperti yang biasa kita temukan pada perangkatBlackberry yang menggunakan layanan BIS.

ShangMail bertindak sebagai “jembatan” yang menghubungkan antara mailbox kita dengan aplikasi native di Blackberry untuk mengirimkan e-mail dengan metode IMAP. Dengan aplikasiini kita dapat menerima e-mail secara push. Untuk menginstal aplikasi ini silahkan arahkanbrowser anda ke http://en.shangmail.com/

Selain aplikasi di atas, kita juga dapat menggunakan aplikasi GMail Apps yang biasa kita kenal dengan sebutan “GMail Amplop Merah” aplikasi ini juga menawarkan fitur push mail, kita dapat memasang sepuluh akun sekaligus dengan menggunakan Gmail Apps ini, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk e-mail yang menggunakan Gmail dan GMail hosting.

Chatting/IM:
Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan chatting di perangkat Blackbbery, yaitu:
• YMTiny, aplikasi kecil ini dapat diunduh di situs http://www.orisinil.com/
• Jivetalk, mendukunga multi IM, dapat diunduh di situs BeeJive namun sayangnya, aplikasi ini tidak gratis.
• eBuddy, aplikasi IM gratisan ini mendukung untuk berbagai layanan IM, seperti YM, ICQ, WindowsLive, Facebook, GTalk dan lain-lain. eBuddy dapat diunduh langsung melalui browser Blackberry pada situs http://m.ebuddy.com/
• Palringo, salah satu aplikasi messenger yang memiliki tampilan informatif dan mendukung ke berbagai layanan multi IM, sayangnya aplikasi ini hanya bisa berjalan pada perangkat Blackberry yang menggunakan scroll ball. Bisa langsung diunduh di sini

RSS Reader
Aplikasi RSS reader memungkinkan kita untuk dapat menerima update terbaru dari situs favorit kita, dengan aplikasi ini kita akan menghemat waktu browsing dan berita terbaru langsung dikirimkan layaknya kita berlangganan surat kabar selama 24 jam penuh.

Viigo adalah salah satu aplikasi RSS Reader yang dapat kita gunakan dalam Blackberry, aplikasi ini mendukung koneksi GPRS/TCP maupun BIS. Untuk mendownloadnya kita bisa mengaksesnya ke situs http://www.viigo.com/download.

Setelah aplikasi itu berhasil diunduh dan di instal, kita tinggal memilih berita apa saja yang ingin dikirim ke perangkat Blackberry kita dengan cara memilih dari daftar yang telah disediakan atau memasukkan alamat RSSnya secara manual.

Catatan: Sebelum menggunakan aplikasi di atas, jangal lupa untuk terlebih dahulu mengaktifkan layanan GPRS/3G pada simCard yang Anda gunakan, selanjutnya masukkan access point name (APN), user ID dan password dari operator yang kita gunakan secara manual.

Berikut cara setting GPRS, untuk mengaktifkan APN, kita bisa masuk ke menu OptionsAdvanced OptionsTCP :

Indosat (IM3), APN: www.indosat-m3.net, User ID: gprs, password: im3
Mentari, APN : indosatgprs, user ID: indosat, password: indosat (atau kosongkan semua, kecualli APN)
Telkomsel, APN: telkomsel, UserID: wap, Password: wap123 (atau bisa dikosongkan)
Pro XL, APN: www.xlgprs.net, userID: gprs, password: proxl
AXIS, APN : AXIS, User ID: axis, password: 123456
3 (Three), APN: 3gprs, UserID: 3gprs, Password: 3gprs

Selamat mencoba…!! (Q)

0 Comment:

Post a Comment

Blog ini adalah Blog Dofollow. Tinggalkan pesan sebelum meninggalkan Blog ini.
Isi Buku Tamu dengan klik logo Blackberry Click Messenger di sisi kanan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates